Thursday, October 2, 2014

Telematika

            Telematika merupakan sebuah singkatan dari telekomunikasi dan informatika. Istilah telematika itu sendiri di ambil dari bahasa prancis, yaitu telematique. Istilah tersebut di gunakan pertama kali oleh Simon Nora dan Alain Minc pembuat buku dengan judul bukunya “L’informatisation de la Societe” pada tahun 1978.
            Telematika itu sendiri adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik. Telematika banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang telekomunikasi yang berfokus pada pertukaran data yang menjadi kebutuhan konsumen mereka seperti telekomunikasi lewat telepon, saluran televisi, radio, media lainnya, dan juga sistem pelacakan navigasi secara realtime berbasis satelit yang disebut GPS(Global Positioning System).
Dalam penerapaannya, Telematika menggunakan teknologi pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi melalui perangkat telekomunikasi dalam hubungannya dengan pengaruh pengendalian/control pada objek jarak jauh. Dalam penerapan di bidang navigasi, telematika membutuhkan perangkat GPS sebagai perangkat pengiriman data, lalu data telematika diterima oleh layanan (vendor) seluler dan di teruskan ke pelangggan . Kemudian data telematika disimpan oleh pelanggan di device telekomunikasi seperti handphone, pda, dan smartphone.

Ragam Bentuk Telematika

Di dunia telematika terdapat berbagai ragamnya agar kegiatan di dalam dunia telematika tidak saling tindih, berikut ragam bentuknya :
  •     E-goverment

E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI). TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori program aksi dan inisiatif untuk menigkatkan perkembangan dan pendayagunaan teknologi telematika di Indonesia, serta memfasilitasi dan memantau pelaksanaannya
  •           E-commerce

Prinsip e-commerce tetap pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, mentransfer uang, mengirim dokumen, samapi membuat claim.

  •            E-learning

Globalisasi telah menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, dalri pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Di Indonesia sudah berkembang pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah jauh (distance lesrning) dengan media internet berbasis web atau situs.

Manfaat Telematika 
Manfaat dalam telematika di bagi menjadi 2 bagian dan di antaranya :

  •  UMUM
Telematika di pakai dalam sistem navigasi sebagai bagian dari teknologi komunikasi berpindah.

  • SPESIFIK
Telematika di gunakan juga pada dunia bidang kendaraan dan lalulintas.



Referensi :
http://swestimahardini.wordpress.com/2012/10/28/definisi-telematika-perkembangan-telematika-dan-kaitannya-dengan-komputer-tren-ke-depan-telematika/


No comments:

Post a Comment