Pasar Persaingan Sempurna
Persaingan
sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal, karena dianggap
sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya
kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi(optimal) efesiensinya.
Walaupun pasar sempurna tidak
terwujud murni di dalam prakteknya, namun yang sangat penting adalah
untuk mempelajari tentang corak kegiatan perusahaan dalam persaingan
sempurna. Pengetahuan mengenai keadaan persaingan sempurna dapat dijadikan landasan di dalam membuat perbandingan dengan ketiga jenis struktur pasar lainnya.
CIRI-CIRI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Pasar persaingan sempurna
merupakan struktur pasar atau industry dimana terdapat banyak penjual
dan pembeli dan setiap penjual ataupun pembeli adalah tidak dapat
mempengaruhi keadaan di pasar. Adapun cirri-ciri pasar sempurna adalah
sebagai berikut:
- Perusahaan adalah pengambil harga (tidak dapat mempengaruhi harga pasar).
- Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk sebuah industri.
- Menghasilkan barang serupa.
- Terdapat banyak perusahaan di pasar.
- Pembeli mempunyai pengetahuan sempurna mengenai pasar.
PERMINTAAN DAN HASIL JUALAN
Di dalam menganalisis usaha suatu perusahaan untuk memaksimumkan keuntungan, ada dua hal yang harus diperhatikan:
- Biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan
- Hasil penjualan dari barang yang dihasilkan perusahaan itu.
Sifat biaya produksi yang
dikeluarkan oleh perusahaan adalah bersamaan,walau dalam struktur pasar
manapun ia digolongkan. Akan tetapi sifat hasil penjualan adalah berbeda
di antara pasar persaingan sempurna dengan struktur pasar lainnya.
Perbedaan ini disebabkan karena ditinjau dari sudut seorang produsen,
bentuk permintaan yang dihadapi oleh seorang produsen di pasar
persaingan sempurna berbeda sifatnya dengan yang dihadapi seorang
produsen di pasar lainnya.
PERMINTAAN PASAR DAN PERUSAHAAN
Perusahaan adalah sebagai
pengambil harga, yaitu sebuah perusahaan tidak mempunyai kekuasaan untuk
menentukan harga. Interaksi seluruh produsen dan seluruh pembeli di
pasar yang akan menentukan harga pasar dan seorang produsen hanya
menerima saja harga yang sudah ditentukan tersebut. Hal ini menunjukkan
seberapa banyak pun barang yang diproduksikan dan dijual oleh produsen,
ia tidak dapat mengubah harga yang telah ditentukan pasar, karena jumlah
yang diproduksikan hanya sebagian kecil saja dari jumlah yang
diperjualbelikan di pasar.
Sumber: http://www.manajemenperusahaan.com/pasar-persaingan-sempurna/
No comments:
Post a Comment