Pada pertemuan kali ini akan membahas mengenai layanan telematika. Apasih layanan telematika itu? Layanan telematika itu sendiri adalah Layanan dial up ke jaringan internet maupun
semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk
mengirimkan data. Menurut informasi yang berkembang, layanan telematika
digunakan dalam beberapa bidang, diantaranya yaitu :
- Bidang Layanan Informasi
- Bidang Layanan Keamanan
- Bidang Layanan Context-Aware dan Event Base
- Bidang Layanan Perbaikan Sumber
Diatas adalah bidang-bidang yang dikembangkan melalui layanan telematika dan berikut penjelasannya dari keempat bidang layanan tersebut :
- Bidang Layanan Informasi
Penggabungan dari telekomunikasi digital dan teknologi komputer untuk dapat memberikan informasi dan sebagai sarana komunikasi masyarakat. Layanan informasi yang diberikan harus dapat mencapat 4 pola lalu lintas informasi yaitu alokasi, pembicaraan, konsultasi dan juga registrasi. Arus informasi yang disampaikan harus dapat diterima oleh penerima informasi sesuai dengan informasi dari sumber sesungguhnya, tanpa diberi “bumbu” yang mebuat informasi tersebut tak lagi aktual. beberapa contoh penggunaan layanan telematika pada bidang informasi : Warung telepon, warung internet, e-commerce.
- Bidang Layanan Keamanan
Layanan keamanan
merupakan layanan yang menyediakanan keamanan informasi dan data. Layanan itu
sendiri terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control dan
auditin. Contoh layanan keamanan yaitu:
(Navigation
assistant, Weather stock information, Entertainment and M-commerce, Penggunaan
Firewall dan Antivirus).
- Bidang Layanan Context-Aware dan Event Base
Suatu teknologi yang
disebut context-aware computing dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan akan
menjadi trend yang penting untuk dikembangkan di masa depan. Dengan adanya
context aware maka user tidak perlu harus selalu memberi input yang banyak
secara eksplisit untuk membuat komputer menjalankan tugasnya. Context awareness
adalah kemampuan sebuah sistem untuk memahami si user, network, lingkungan, dan
dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan.
- Bidang Layanan Perbaikan Sumber
Sumber : http://dwizeru.wordpress.com/2012/11/24/layanan-telematika-teknologi-wireless-dan-middleware/
No comments:
Post a Comment