Monday, November 28, 2011

Warga Negara dan Negara

Warga Negara

                Warga negara adalah sekumpulan rakyat dalam suatu wilayah kekuasaan suatu negara. Warga negara atau rakyat adalah unsur yang penting dalam suatu negara. Tanpa warga negara, negara tidak akan terwujud atau hanya sebuah hayalan saja. Termasuk juga rakyat dalam suatu negara. Mereke harus tunduk terhadap kekusaan yang di buat oleh suatu negara.

Kriteria Warga Negara terbagi menjadi 2 :
1. Kelahiran
                Di dalam kriteria kelahiran ini masih terbagi menjadi 2 lagi :
  • kriteria kelahiran menurut asas keibubapaan atau disebut juga Ius Sanguinis. Didalam asas ini seorang memperoleh kewarganegaraan suatu Negara berdasarkan asa kewarganegaraan orang tuanya, dimanapun ia dilahirkan
  • kriterium kelahiran menurut asas tempat kelahiran atau ius soli. Didalam asas ini seseorang memperoleh kewarganegaraannya berdasarkan Negara tempat dimana dia dilahirkan, meskipun orang tuanya bukan warganegara dari Negara tersebut.

2. Naturalisasi
          Naturalisasi adalah proses hukum dimana seseorang dengan berkebangsaan lain ingin menjadi warga negara yang baru di tempatinya. Contohnya di negara kita adalah Cristian Gonzales yang berkebangsaan Uruguay yang di naturalisasi menjadi warga negara Indonesia untuk menjadi pemain Tim Nasional sepak bola kita.

Negara

          Negara adalah sebuah wilayah di permukaan bumi yang dimana terdapat pemerintahan yang mengatur ekonomi, politik, sosial, budaya, keamanan negara, dan lain sebagainya. Dalam menbentuk suatu negara minimal terdapat unsur di dalamnya yaitu rakyat, wilayah, pemerintah yang berdaulat serta mendapat pengakuan dari negara lain.

Ada 2 bentuk suatu negara :
1. Negara kesatuan (unitarisem)

          Adalah suatu Negara yang merdeka dan berdaulat, dimana kekuasaan untuk mengurus seluruh pemerintahan dalam Negara itu. Di negara kesatuan terdapat 2 sistem :
  • Negara kesatuan dengan sistem sentralisasi. Didalam sistem ini, segala sesuatu dalam Negara langsung diatur dan diurus pemerintah pusat.
  • Negara kesatuan dengan sistem desentralisasi. Didalam Negara ini daerah diberi kewenangan untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri.
2. Negara serikat (federasi)

          Adalah Negara yang terjadi dari penggabungan beberapa Negara yang semua berdiri sendiri sebagai Negara yang merdeka, berdaulat, kedalam suatu ikatan kerjasa yang efektif untuk melaksanakan urusan secara bersama.

Hubungan antara Warga Negara dan Negara

          Hubungan di keduanya sangatlah erat. Negara bila tidak ada warga negaranya maka Negara tersebut tdak akan terbentuk jadi mereka sangatlah berkaitan penting dalam berhubungan. Namun dari pada itu Warga Negara nya pun harus ikut turut memejukan negara yang sudah di tinggalinya demi mewujudkan Negara yang kondusif dan aman.

Referensi :
http://www.google.co.id/search?aq=f&gcx=w&sourceid=chrome&ie=UTF-8&q=Warga+Negara+dan+Negara

No comments:

Post a Comment