Friday, March 23, 2012

Pengertian dan Tujuan dari Ilmu Budaya Dasar

PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR


                 Ilmu budaya dasar secara sederhana  adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan.
             Definisi dari kebudayaan itu sendiri adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem, ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Lagu, tari dan bahasa merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang dapat kita rasakan. Istilah kata "Ilmu Sosial Dasar" adalah istilah sebutan baru dari sebutan lamanya "The Humanities". Adapun istilah dari humanities itu sendiri yang berasal dari bahasa latin humanus yang bisa di artikan manusia, berbudaya dan halus.
             Latar belakang ilmu budaya dasar belakang ilmu budaya dasar dalam konteks budaya, negara, dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut:

  1. Kenyataan bahwa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, dan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan (primodial) kesukuan dan kedaerahan.
  2. Proses pembangunan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusiapun terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauh dari pembenturan nilai budaya ini akan timbul konflik dalam kehidupan.
  3. Kemajuan ilmu pengetahuan dalam teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi, yang disamping memiliki segi-segi positifnya, juga memiliki segi negatif akibat dampak negatif teknologi, manusia kini menjadi resah dan gelisah.
            
TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR


              Penyajian dari mata kuliah Ilmu Budaya Dasar itu sendiri tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan. Selain dari itu semua Ilmu Budaya Dasar sendiri semata-mata sebagai salah satu usaha membangun kepribadian mahasiswa/i terhadap nilai-nilai kebudayaan.
Untuk menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar harus:

  1. Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, agar lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan sosialisasi mereka
  2. Memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk berpikir lebih kritis agar dapat memperkuat akan pengetahuan kebudayaannya
  3. Mengusahakan mahasiswa tidak terpaku atau terpengaruh ke dalam sifat-sifat kedaerahan maupun pengkotaan yang disiplin dan ketat.
  4. Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki bekal yang sama, para akademik diharapkan mampu lebih lancar dalam berkomunikasi


sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id

No comments:

Post a Comment