Monday, October 7, 2013

RAGAM BAHASA

PERTINGNYA BERBAHASA YANG BAIK DAN BENAR DALAM DUNIA SISTEM INFORMASI


"Kenapa kita harus berbahasa yang baik dan benar?" mungkin masih banyak pertanyaan seperti itu ya? Sekarang saya akan menjelaskannya.

Ragam Bahasa


              Ragam bahasa adalah variasi bahasa atau tuntutan pemakaian yang berbeda-beda menurut tempat, topik, penutur, sarana/ medium pembicaraan, dan sebagainya. Variasi atau ragam bahasa itu sendiri ada yang berupa dialek, aksen, laras dan gaya yang khas.

Di negara kita Indonesia sendiri banyak sekali ragam bahasa yang dipergunakan, karena di Indonesia terdapat banyak pulau dan suku yang berbeda, dan dari percakapan antar warganya pun berbeda. Walaupun seperti itu adanya, kita harus mahir bahasa persatuan kita sendiri yaitu bahasa Indonesia.
            
             Bahasa Indonesia perlu dipelajari oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia, terutama kita sebagai seseorang yang beradadi dunia sistem informasi. Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajeme. Dalam arti yang luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis, oleh karena itu ragam bahasa diperlukan baik berinteraksi dengan teknologi seperti komputer karena kita dituntut untuk menyedia informasi dan mengolah data-data dari informasi yang kita miliki untuk disampaikan dengan baik dan mudah dipahami agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam penalaran dalam setiap istilah, karena Alter berpendapat sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu sistem di mana manusia dan/atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/atau jasa bagi pelanggan. Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan.

Ragam Bahasa di bagi menjadi dua, yaitu:
  • Ragam Lisan
Ragam bahasa lisan adalah bahan yang dihasilkan alat ucap (organ of speech) dengan fonem sebagai unsur dasar. Dalam ragam lisan, kita berurusan dengan tata bahasa, kosakata, dan lafal. Dalam ragam bahasa lisan ini, pembicara dapat memanfaatkan tinggi rendah suara atau tekanan, air muka, gerak tangan atau isyarat untuk mengungkapkan ide. Contoh ragam lisan antara lain meliputi:

Ragam bahasa cakapan

Ragam bahasa pidato

Ragam bahasa kuliah

Ragam bahasa panggung

Ciri-ciri ragam bahasa lisan :

a.    Memerlukan kehadiran orang lain

b.    Unsur gramatikal tidak dinyatakan secara lengkap

c.    Terikat ruang dan waktu

d.    Dipengaruhi oleh tinggi rendahnya suara

  •  Ragam Tulisan
Ragam bahasa tulis adalah bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkan tulisan dengan huruf sebagai unsur dasarnya. Dalam ragam tulis, kita berurusan dengan tata cara penulisan (ejaan) di samping aspek tata bahasa dan kosa kata. Dengan kata lain dalam ragam bahasa tulis, kita dituntut adanya kelengkapan unsur tata bahasa seperti bentuk kata ataupun susunan kalimat, ketepatan pilihan kata, kebenaran penggunaan ejaan, dan penggunaan tanda baca dalam mengungkapkan ide. Contoh ragam lisan antara lain meliputi:
Ragam bahasa teknis
Ragam bahasa undang-undang
Ragam bahasa catatan
Ragam bahasa surat
Ciri-ciri ragam bahasa tulis :
a.    Tidak memerlukan kehaduran orang lain.
b.    Unsur gramatikal dinyatakan secara lengkap.
c.    Tidak terikat ruang dan waktu
d.    Dipengaruhi oleh tanda baca atau ejaan

 

Sumber:
http://imamsetiyantoro.wordpress.com/tag/macam-macam-ragam-bahasa/ 
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Informasi_Dunia


No comments:

Post a Comment